Gaya Hidup

Jangan Dibiasakan dengan Gadget, Anak Usia Dini Bisa Terlambat Bicara

INDOPOSCO.ID – Anak terpapar gadget tanpa pendampingan orangtua bisa berpotensi terlambat bicara. Pernyataan tersebut diungkapkan Ketua Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) Jakarta Rini Sekartini di Jakarta, Sabtu (24/7/2021).

Dokter spesialis anak ini mengimbau, agar orangtua tidak memberikan akses ponsel kepada anak hingga usia dua tahun. Karena gadget musuh utama tumbuh kembang anak.

“Ditemukan anak usia dini dengan gadget rata-rata mengalami terlambat bicara. Sampai usia 2 tahun, anak jangan diberi akses gadget,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, anak usia baruvlahir hingga dua tahun merupakan masa kembang tumbuh secara optimal. Sesuai indikator dalam buku kesehatan ibu dan anak (KIA), anak tumbuh baik hingga usia dua tahun mampu berbicara lancar.

“Anak dengan gadget berpotensi tidak aktif dan tidak berkembang. Selama ini anggapan orangtua yang sibuk, memberikan gadget kepada anak agar tidak rewel salah,” terangnya.

Pada kasus anak terlambat bicara, menurut dia, harus dapat asupan nutrisi sesuai kebutuhan. Apabila ada gangguan artikulasi, makanan yang diberikan harus bisa menstimulasi anak mengunyah.

“Sehingga otot-otot mulut bisa mendorong buah hati bisa berartikulasi dengan baik,” ucapnya.

“Orang tua juga harus memastikan tumbuh kembang anak secara maksimal,” imbuhnya. (nas)

Sponsored Content
Back to top button