Nasional

Jakarta Punya Strategi untuk Pulihkan Ekonomi Pascapandemi

INDOPOSCO.ID – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta, dalam Fokus Group Discussion pengembangan pariwisata DKI Jakarta yang diinisiasi Bank Indonesia DKI Jakarta, menyatakan sudah memiliki strategi untuk memulihkan ekonomi Ibu Kota pascapandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).

“Pertemuan tersebut menjadi pertemuan awal sehingga ke depannya perlu ada pertemuan rutin untuk membahas program dan memonitor pelaksanaannya demi membangkitkan pariwisata dan perekonomian Jakarta,” kata Asisten Perekonomian dan Keuangan Sekretaris Daerah DKI Jakarta Sri Haryati, dalam keterangannya di Jakarta, Rabu (17/2/2021), dikutip dari Antara.

Dalam rangka mendorong pemulihan sektor sosial ekonomi Jakarta, Sri mengatakan, Pemprov DKI sendiri telah memiliki paket strategi pemulihan yang diawali dengan perlindungan terhadap masyarakat rentan melalui jaring pengaman sosial (social safety net) yaitu pemberian bantuan sosial bagi masyarakat rentan.

Selanjutnya, Pemprov DKI memberikan stimulus bagi sektor perekonomian dengan adanya relaksasi pajak dan retribusi. Terakhir, Pemprov DKI menghidupkan kembali kota bisnis dengan melakukan penyederhanaan perizinan dan kemudahan investasi.

“Dampak pandemi terhadap sektor pariwisata sangat besar, sehingga kami membutuhkan masukan dan ide-ide dari berbagai pihak untuk sama-sama memikirkan solusinya,” ujar Sri.

FGD ini diinisiasi oleh Bank Indonesia untuk mendorong sinergi dan kolaborasi antar lembaga dan instansi yang terkait dengan sektor pariwisata yang dihadiri Anggota Komisi XI DPR RI Kamrussamad, Asisten Perekonomian dan Keuangan Sekda DKI Jakarta Sri Haryati, dan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi DKI Jakarta Onny Widjanarko.

Turut hadir perwakilan Disparekraf DKI Jakarta, Aprindo, Pasar Seni Ancol, ASITA, PHRI, Jakarta Tourism Forum dan Bappeda DKI Jakarta.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button