Nasional

Jadi Tersangka, Polisi Belum Tahan Dokter Lois

INDOPOSCO.ID – Tersangka kasus penyebaran hoaks soal tidak percaya Covid-19, dokter Lois Owien tidak ditahan, setelah dilakukan pemeriksaan mendalam di Mabes Polri, Jakarta Selatan.

Direktur Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri Brigjen Slamet Uliandi mengatakan, pihaknya memulangkan dokter Lois karena yang bersangkutan menyanggupi tidak akan melarikan diri.

“Saya memutuskan tidak menahan yang bersangkutan, hal ini juga sesuai dengan konsep Polri menuju Presisi yang berkeadilan,” kata Slamet dalam keterangannya di Jakarta, Selasa (13/7/2021).

Menurutnya dokter Lois Owien telah mengakui kesalahan atas pendapatnya tentang Covid-19 saat menjalani pemeriksaan. Serta memberikan klarifikasi atas pernyataannya selaku dokter.

“Segala opini terduga yang terkait Covid, diakuinya merupakan opini pribadi yang tidak berlandaskan riset,” ujar Slamet.

Selain itu, pernyataan kontroversial terkait penggunaan obat bagi pasien Covid-19 menyebabkan kematian hanya asumsi semata.

“Ada asumsi yang dia bangun, seperti kematian karena Covid disebabkan interaksi obat yang digunakan dalam penanganan pasien,” imbuhnya.

“Kemudian, opini terduga terkait tidak percaya Covid, sama sekali tidak memiliki landasan hukum,” tambah Slamet.

Polisi menangkap dokter Lois pada Minggu (11/7/2021) kemarin. Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan mengungkap, dr Lois ditangkap atas penyebaran berita hoaks dan membuat keonaran.

“Dokter L telah menyebarkan berita bohong dan atau menyiarkan berita atau pemberitaan bohong dengan sengaja,” kata Ahmad Ramadhan pada, Senin (12/7/2021). (dan)

Sponsored Content
Back to top button