Nasional

Izin Penelitian Asing Dikonsolidasikan BRIN dengan K/L

INDOPOSCO.ID – Dalam meningkatkan kerja sama dengan mitra asing yang berasaskan kepentingan bersama, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) akan mengonsolidasikan prosedur perizinan penelitian asing dengan kementerian atau lembaga (K/L).

“Saya mendorong keterlibatan mitra global dalam kolaborasi riset dan inovasi. Oleh karena itu, dalam waktu dekat saya dan tim akan melakukan evaluasi Foreign Research Permit (perizinan penelitian asing) menjadi lebih sederhana untuk mendapatkan ketertarikan mitra global bekerja sama dengan Indonesia,” kata Kepala BRIN Laksana Tri Handoko dalam keterangannya di Jakarta dilansir Antara, Sabtu (10/7/2021).

Penyederhanaan prosedur perizinan penelitian asing tersebut akan menjadi salah satu stimulus bagi terciptanya semakin banyak kolaborasi atau kerja sama internasional. Selain itu, BRIN akan segera meluncurkan sejumlah platform global untuk kegiatan riset, seperti platform global untuk riset biodiversitas di Cibinong, platform global untuk riset kelautan menggunakan armada kapal penelitian, baik yang sudah ada maupun yang sedang dibangun, dan pengembangan “space port” untuk pengembangan program teknologi ruang angkasa di Kupang.

BRIN juga diberikan mandat untuk mengonsolidasikan atau mengintegrasikan program riset dan inovasi nasional, termasuk pengelolaan sumber daya riset yang mencakup sumber daya manusia (SDM), infrastruktur, dan dana.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button