Ekonomi

IRRES Cium Ada Kepentingan Bisnis dari EBT

INDOPOSCO.ID – Direktur Eksekutif Indonesia Relief Rescue (IRRES) Marwan Batubara mengatakan, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) bertindak sepihak dalam menentukan peraturan potensi Energi Baru Terbarukan (EBT) Indonesia.

Menurutnya, ada kesan menganggap aspirasi dari publik terlebih khusus pakar, tidak penting. Padahal menurut Undang-Undang (UU) tentang pembentukan peraturan perundang-undangan nomor 12 tahun 2011, wajib dilibatkan apalagi pakar.

“Yang perlu diketahui publik tanpanya Kementrian ESDM itu bertindak sepihak. Terkesan bahwa mereka tidak menganggap penting aspirasi dari publik terutama pakar yang ada di kampus. Ada masukan kesannya tidak diperhatikan,” kata Marwan pada Diskusi dengan tema “Regulasi EBT, untuk Siapa?”, Sabtu (4/9/2021).

Ia mengaku telah berkirim surat kepada Presiden Joko Widodo untuk memberikan masukan tentang EBT. Sebab pihaknya menganggap Presiden ingin tahu lebih banyak tidak hanya dari salah satu pembuat peraturan.

Mengingat, diterbitkannya Perpres nomor 68 tahun 2021 yang mewajibkan semua lembaga berkirim surat kepada Presiden tentang draf yang akan diterbitkan.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button