Nusantara

Irjen ATR/BPN Apresiasi Pembatalan Puluhan NIB Bermasalah di Kabupaten Tangerang

INDOPOSCO.ID – Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Tangerang Nugraha SH  mendapatkan apresiasi dan dukungan dari Insprektorat Jenderal (Irjen) Kementerian Agaria Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Sunraizal.

”Yang dilakukan oleh Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten  Tangerang sudah benar, untuk NIB-NIB (Nomor Induk Bidang-red) yang tidak sah dan bermasalah memang harus dibatalkan,” ujar Sunraizal, Senin (15/3/2021).

Menurutnya, setelah NIB tersebut dicabut atau di batalkan,  masyarakat bisa mengajukan permohonan untuk diterbitkan sertifikat atas nama warga, sepanjang syarat yuridis dan syarat fisiknya terpenuhi, yakni tidak dalam sengketa atau  status tanahnya clean and clear maka sertifikat dapat diterbitkan.

”Jadi setelah NIB lama dibatalkan, masyarakat bisa mengajukan permohonan penerbitan sertifikat sepanjang tanah itu statusnya clean and clear dan tidak dalam sengketa,” tukasnya.

Meski baru sebulan menjabat sebagai Kepala Kantor Pertanahan (Kakantah) atau BPN Kabupaten Tangerang, Nugraha langsung bergerak cepat menyelesaikan sejumlah persoalan pertanahan di wilayah tersebut.

“Untuk memberi kepastian hukum atas hak tanah kepada masyarakat, terutama di wilayah pantai utara (Pantura) yang rawan diserobot,  kami sudah membatalkan 32 Nomor Induk Bidang (NIB) yang diduga tidak sesuai dengan letak dan luas fisik tanah, dan 58 bidang permohonan masyarakat yang kami proses, serta 36 bidang permohonan masyarakat sudah menjadi peta bidang,” ujar Nugraha, Senin (15/3/2021).

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button