Nasional

Irigasi Berkelanjutan, IPDMIP Dukung Kementan Capai Ketahanan Pangan

INDOPOSCO.ID – Peningkatan kehidupan masyarakat pedesaan dan ketahanan pangan melalui pengembangan pertanian beririgasi berkelanjutan, adalah tujuan proyek Integrated Participatory Development and Management of Irrigation Program (IPDMIP) diadakan di 74 kabupaten dari 16 provinsi bersama Kementerian Pertanian (Kementan) RI.

Menteri Pertanian (Mentan) RI Syahrul Yasin Limpo mengharapkan IPDMIP dilaksanakan secara maksimal, dan dimanfaatkan sebaik-baiknya bagi kepentingan masyarakat pedesaan, khususnya bagi petani dalam mendukung pencapaian ketahanan pangan.

“Dengan IPDMIP, kita akan menggenjot produktivitas pertanian, khususnya di daerah irigasi. Diharapkan pendapatan petani naik, sehingga kesejahteraan petani juga meningkat,” kata Mentan dalam arahannya yang dikemukakan Sekretaris BPPSDMP Siti Munifah pada Pertemuan Rekonsiliasi Laporan Keuangan IPDMIP Triwulan I-2021 di Bandung, Jabar, Selasa (30/3/2021).

Menurut Siti Munifah, hal itu sejalan dengan arahan Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementan Dedi Nursyamsi yang berharap alokasi anggaran Proyek IPDMIP 2021 untuk pusat dan daerah sebesar Rp285 miliar terserap optimal, minimal 95 persen.

“Khusus untuk kinerja 2020, apresiasi bagi pengelola IPDMIP di pusat dan daerah. Realisasi 2020 menyumbang sekitar 53 persen dari total realisasi IPDMIP. Tentu ini perlu diapresiasi dan menumbuhkan optimisme, kalau kita bekerja cerdas, all-out secara cermat, cepat dan akurat, kita bisa memenuhi komitmen kita,” katanya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button