Olahraga

Irene Mundur dari Piala Dunia Catur

INDOPOSCO.ID – Meskipun hasil test Covid-19 mereka dinyatakan negatif, 2 srikandi catur Indonesia, IM Irene Kharisma Sukandar serta IM Medina Warda Aulia, memutuskan menarik diri dari kompetisi kedua putaran kedua Piala Dunia Catur Wanita 2021 di Sochi, Rusia, dengan pertimbangan untuk keselamatan lebih banyak orang.

Lewat cuitannya di Twitter, Jumat (16/7), Irene mengatakan sesungguhnya dia dan Medina memiliki motivasi besar untuk terus bersaing di salah satu kompetisi catur terakbar di dunia tersebut, namun prediksi untuk menjaga keselamatan banyak orang menjadi pertimbangan lebih kuat dari ambisi pribadi sehingga keputusan berat pun harus diambil.

“Yang terhormat seluruhnya, kami mau mengumumkan kalau Medina dan aku sudah memutuskan untuk mundur dari Piala Dunia. Kami sesungguhnya sangat termotivasi untuk terus bersaing namun keamanan seluruh peserta, penyelenggara, arbiter dan semua orang di sekitar kita jauh lebih baik. penting dari kepentingan pribadi kita,” tulis Irene.

Keputusan irene serta Medina menarik diri menyusul kasus yang dialami 2 pecatur putra Indonesia, GM Susanto Megaranto serta IM Mohamad Ervan, yang harus terhenti langkahnya di Piala Dunia catur 2021 sebab kedua pecatur itu terkonfirmasi positif Covid-19.

Susanto tengah menjalani turnamen pertama babak kedua melawan pecatur Amerika Serikat, GM Fabiano Caruana, disaat ofisial dari Federasi Catur Internasional (FIDE) menyatakan Susanto positif Covid-19 dan pecatur terbaik Indonesia itu diminta meninggalkan arena kompetisi.

Sehari sebelumnya, Mohamad Ervan yang harus terhenti di babak pertama karena tidak tidak diijinkan bertanding setelah tidak lolos pengecekan Covid yang dilakukan panitia sebelum pertandingan kedua di babak pertama menghadapi GM Nodirbek Abdusattorov (2634). Ervan dinyatakan kalah 0-2 setelah pada pertandingan pertama menyerah pada pecatur remaja Uzbekistan tersebut. (mg2)

Sponsored Content
Back to top button