Headline

IPO Dinilai Perkuat Daya Saing BUMN

INDOPOSCO.ID – Analis MNC Sekuritas Herditya Wicaksana menilai rencana BUMN dan anak usaha BUMN masuk Bursa Efek Indonesia (BEI) melalui mekanisme penawaran umum saham perdana atau IPO, akan memperkuat daya saing perusahaan pelat merah tersebut.

“Tentunya, ini akan menambah ramai emiten-emiten yang berasal dari BUMN dan bertujuan untuk mampu berkompetisi di era saat ini,” ujar Herditya saat dihubungi Antara di Jakarta, Jumat (30/4/2021).

Berdasarkan data Kementerian BUMN, sebanyak 14 BUMN dan anak usaha BUMN dari berbagai klaster akan melantai di bursa.

Sebanyak 14 perusahaan tersebut adalah PT Pertamina International Shipping, PT Pertamina Geothermal Energi, PT Pertamina Hulu Energi, PT Pertamina Hilir, dan PT Pembangkit Listrik Tenaga Uap.

Selanjutnya, PT Indonesia Healthcare Corporation (Persero), PT Bio Farma (Persero), PT EDC and Payment Gateway (Persero), PT Pupuk Kalimantan Timur, PT Dayamitra Telekomunikasi, PT Telkom Data Center, PT Inalum Operating, PT MIND ID (Persero), dan PT Logam Mulia.

Dua perusahaan, PT Pertamina Geothermal Energi dan PT Dayamitra Telekomunikasi atau Mitratel, disebutkan paling berpeluang untuk IPO pada tahun ini.

“Untuk prospek diperkirakan akan menarik, terlebih pembangunan dan pengembangan infrastruktur yang saat ini terus berjalan. Seperti yang kita ketahui bersama Mitratel menguasai bisnis menara telekomunikasi,” kata Herditya.

PT Pertamina Geothermal Energi atau PGE adalah anak BUMN PT Pertamina (Persero) yang bergerak di bidang pemanfaatan energi panas bumi.

Sedangkan PT Dayamitra Telekomunikasi atau Mitratel adalah anak BUMN PT Telkom Indonesia Tbk yang bergerak di bidang infrastruktur dan menara telekomunikasi.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button