Ekonomi

Investor beralih ke Aset Aman, Kurs Rupiah Awal Pekan Melemah

INDOPOSCO.ID – Nilai tukar (kurs) rupiah terhadap dolar AS yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada awal pekan, melemah seiring beralihnya investor ke aset aman.

Pada pukul 10.06 WIB, rupiah melemah 35 poin atau 0,24 persen ke posisi Rp14.533 per dolar AS dibandingkan posisi pada penutupan perdagangan sebelumnya Rp14.498 per dolar AS.

“Di awal sesi Senin, dolar AS masih nampak diminati sebagai aset likuid di tengah meningkatnya pandemi corona di AS yang mulai menggeser perhatian pasar dari isu tapering stimulus AS,” tulis Tim Riset Monex Investindo Futures dalam kajiannya di Jakarta, Senin (19/7), dikutip dari Antara.

Kurs dolar AS pada akhir pekan lalu meningkat didukung oleh investor yang beralih ke aset aman karena meningkatnya jumlah kasus infeksi covid-19 yang membayangi pemulihan ekonomi.

Penguatan dolar AS juga terjadi meskipun Gubernur The Fed Jerome Powell pada Kamis (15/ 7) menegaskan bahwa kenaikan inflasi kemungkinan hanya sementara dan bank sentral AS akan terus mendukung ekonomi.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button