Internasional

Jepang, AS, Korsel Sepakat Perkuat Pencegahan Ancaman Militer Korut

INDOPOSCO.ID – Para diplomat senior Jepang, Amerika Serikat (AS) dan Korea Selatan (Korsel) pada Rabu (26/10) sepakat memperkuat pencegahan untuk mengekang ancaman militer Korea Utara di tengah kekhawatiran bahwa Pyongyang akan kembali melakukan uji coba nuklir.

Pertemuan trilateral itu digelar menyusul serangkaian peluncuran rudal balistik oleh Korut, termasuk peluncuran pada awal Oktober ketika rudal Korut melintas di atas kepulauan Jepang untuk pertama kalinya dalam lima tahun.

Kondisi itu memunculkan kekhawatiran bahwa Korut akan kembali melakukan uji coba nuklir pertama sejak September 2017, demikian dilansir Antara.

Pada Selasa (25/10), Presiden Korsel Yoon Suk Yeol mengatakan dalam pidatonya di Majelis Nasional Korsel bahwa Korut “tampaknya telah menyelesaikan persiapan” untuk uji coba nuklir.

Para diplomat Korsel, AS dan Jepang memiliki pandangan sama bahwa program pengembangan nuklir dan rudal Korut adalah “tantangan nyata dan serius bagi komunitas internasional”.

Atas dasar itulah ketiga negara setuju untuk bekerja sama, termasuk melalui Dewan Keamanan PBB, menurut Wakil Menteri Luar Negeri Jepang Takeo Mori.

Setelah pertemuan trilateral yang berlangsung di Tokyo itu, Mori juga mengatakan kepada wartawan bahwa ketiga negara tidak akan pernah menolerir ancaman nuklir Rusia dalam perang melawan Ukraina.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button