Internasional

Lebih Dari Separuh Komite Tetap Politbiro China Diubah

INDOPOSCO.ID – Sekretaris Jenderal Partai Komunis China (CPC) Xi Jinping merombak lebih dari separuh anggota Komite Tetap Biro Politik yang akan mendampinginya dalam memimpin partai penguasa itu untuk periode lima tahun ketiga kepemimpinannya.

Xi memilih enam anggota badan tertinggi CPC sehari setelah dia terpilih secara aklamasi sebagai Sekjen CPC 2022-2027 di Balai Agung Rakyat, Beijing, Sabtu (22/10/2022).

“Kemarin CPC telah berhasil merampungkan Kongres Nasional ke-20. Hari ini Komite Sentral ke-20 CPC telah melakukan rapat pleno pertama dan memilih kepemimpinan baru,” kata Xi sebelum mengumumkan nama-nama anggota Komite Tetap Politbiro ke-20 CPC, Minggu (23/10/2022) siang.

“Saya kembali terpilih sebagai Sekjen CPC. Mari kita sambut enam rekan saya yang juga terpilih sebagai anggota Komite Tetap Politbiro,” ucap Presiden China itu.

Ia kemudian memperkenalkan mereka satu-persatu, mulai dari Li Qiang (63), Zhao Leji (65), Wang Huning (67), Cai Qi (66), Ding Xuexiang (60), hingga Li Xi (66).

Baca Juga: China Keluarkan Peringatan Gelombang Dingin

“Kamerad Zhao Leji dan Kamerad Wang Huning tercatat sebagai anggota Komite Tetap Politbiro Komite Sentral ke-19 CPC,” sebut Xi.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button