Internasional

Korban Penipuan Ketenagakerjaan juga Menimpa 195 Warga Malaysia

Hingga 2 September 2022, jumlah korban sindikat penipuan ketenagakerjaan yang dilaporkan di Kamboja ada 148 orang, Laos 22 orang, Myanmar dua orang, dan Thailand 23 orang. Sedangkan korban yang berhasil diselamatkan dan dipulangkan dari Kamboja sebanyak 65 orang, Laos 10 orang, Myanmar 2 orang, dan Thailand 10 orang.

Semua laporan dan dokumen yang diterima oleh KLN, menurut Saifuddin, akan didistribusikan langsung ke Perwakilan Malaysia terkait untuk segera ditindaklanjuti dengan otoritas negara di mana warganya menjadi korban penipuan tersebut.

”Pada saat yang sama, proses tersebut tentu akan tunduk pada prosedur dan hukum di negara-negara terlibat di mana keperluan investigasi, spionase, upaya penyelamatan, dokumentasi dan sebagainya mengambil waktu,” ujar dia dilansir Antara.

Berita Terkait

Ia meminta individu atau kerabat yang menjadi korban sindikat tawaran pekerjaan palsu di luar negeri untuk melapor dan membuat laporan polisi untuk membantu penyelidikan yang tepat.

Selain itu, dia mengingatkan agar warganya lebih waspada terhadap tawaran bekerja di luar negeri, terutama untuk pekerjaan yang menawarkan gaji besar dan diterima melalui platform media sosial seperti Facebook, Telegram, Wechat dan lain-lain. (aro)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button