Internasional

KBRI Nairobi Pulangkan ABK Bermasalah dari Somalia

“Permasalahannya adalah para ABK mengaku tidak punya uang, sedangkan agen pengirim dari Indonesia saudara L tidak bertanggung jawab dan menghilang, serta tidak bisa dihubungi,” ujar KBRI Nairobi.

Menurut KBRI, permasalahan kelima ABK yang bekerja pada kapal Dox Dili tersebut menambah panjang daftar ABK asal Indonesia yang menghadapi masalah di Somalia.

Sebelumnya, KBRI Nairobi telah memulangkan lebih dari 24 ABK yang menghadapi masalah saat bekerja di kapal-kapal berbendera China Liao Dong Yu.

Duta Besar RI untuk Kenya Mohamad Hery Saripudin mengatakan bahwa banyak permasalahan dari ABK Indonesia yang bekerja di luar negeri timbul dari ketidakberesan prosedur pengiriman dari Indonesia serta tidak bertanggung jawabnya agen pengirim para ABK.

“Di samping itu juga para ABK yang tidak memiliki bekal pengetahuan yang cukup tentang wilayah kerja mereka di luar negeri,” ujarnya seperti dikutip Antara, Minggu (28/8/2022).

Dubes Hery menyampaikan terima kasih atas kerja sama dan dukungan Kementerian Luar Negeri RI, Konsul Kehormatan RI di Somalia, dan Senator Somalia asal Hargeisha sehingga pemulangan para ABK asal Jawa Tengah itu dapat terselesaikan.

Dubes Hery juga meminta agar dilakukan pemeriksaan terhadap pihak-pihak yang bertanggung jawab, termasuk agen pengirim para ABK ke Somalia yang telah menyebabkan kekisruhan.

Somaliland merupakan negara bagian dari Republik Federal Somalia. Pada 1991, Somaliland mendeklarasikan diri menjadi negara merdeka terpisah dari Somalia namun tidak satu pun negara yang mengakuinya.(mg1)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button