Internasional

C20: Presidensi G20 Indonesia Tangani Isu-Isu Masyarakat

“Menurut saya cukup cerdas, karena Indonesia pick up (mengangkat) hal yang sangat penting, yang selama ini jarang di- address di G20, untuk lebih dikonkretkan,” ujarnya.

Selain itu, dia juga menyebut upaya Indonesia untuk mengangkat isu UMKM, yang disebutnya merupakan salah satu pilar penting untuk pemulihan ekonomi pasca pandemi, khususnya bagi negara-negara berkembang.

Dia mengatakan bahwa berbagai upaya Indonesia untuk lebih membumikan kiprah G20 itu menjadi awal bagi presidensi-presidensi G20 selanjutnya, yang dalam beberapa tahun ke depan akan dipegang oleh negara-negara berkembang lainnya.

Berita Terkait

“Ini merupakan kick-off G20 untuk lebih down to earth (membumi),” ujar Maftuchan.

Pihaknya pun mendorong agar Indonesia dapat lebih berani melakukan proses yang lebih konkret terkait isu- isu masyarakat tersebut.

C20 adalah wadah bagi organisasi masyarakat sipil (CSO) di dunia untuk menyuarakan aspirasi kepada para pemimpin dunia di G20.

Anggota C20 dari seluruh dunia telah berkumpul di Jakarta pada 27-28 Juli untuk menyelesaikan prioritas kebijakan dan rekomendasi dari C20 kepada para pemimpin G20 terkait krisis global yang bersifat multidimensi saat ini.

C20 mendesak para pemimpin G20 untuk terus mengintensifkan dialog dan keterlibatan dalam diskusi-diskusi dengan CSO guna menghasilkan deklarasi dan komitmen yang lebih nyata.(mg2)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button