Internasional

C20: Presidensi G20 Indonesia Tangani Isu-Isu Masyarakat

INDOPOSCO.ID – Kelompok Civil 20 (C20) menyebut bahwa kepresidenan Indonesia di G20 tahun ini telah menyoroti dan menangani isu-isu masyarakat hingga ke akar rumput.

Hal itu dikatakan oleh Sherpa C20 Indonesia Ah Maftuchan dalam konferensi pers yang digelar usai gelaran C20 Indonesia Policy Dialogue Meeting di Jakarta, Kamis.

“Kepemimpinan presidensi Indonesia di G20 sudah cukup meng-address (menyoroti) isu-isu harian pada masyarakat yang selama ini bukan isu tradisional di G20,” ujar Maftuchan, Jumat (29/7), seperti dikutip Antara.

Berita Terkait

Dia mengatakan hal itu tercermin dari kegiatan yang dilakukan oleh beberapa kelompok kerja (working group) G20.

Baca Juga : Kementan: Tiga Isu Pangan akan Dibahas Dalam Pertemuan G20

Salah satunya adalah kelompok kerja lingkungan yang menyoroti isu pasar tenaga kerja agar menjadi lebih inklusif bagi para kelompok difabel.

Menurut dia, hal itu bukan isu baru untuk dibahas oleh G20, karena sebelumnya pernah dibahas di bawah presidensi Argentina pada 2018.

Namun, di bawah presidensi Indonesia, pembahasan tersebut tak terhenti hanya sampai perumusan prinsip- prinsip, namun juga hingga soal pembahasan upaya- upaya yang dapat dilakukan agar pelaksanaan integrasi tetap dapat terpantau dan dipastikan berjalan, katanya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button