Internasional

NASA akan Rilis Gambar Kosmik Pertama dari Teleskop Webb

INDOPOSCO.ID – Badan Penerbangan dan Antariksa AS (NASA) pada Jumat (8/7) waktu setempat mengatakan bahwa foto kosmik pertama dari Teleskop Luar Angkasa James Webb (JWST) akan memuat gambaran galaksi terjauh, nebula terang, dan planet gas raksasa yang jauh.

Teleskop Webb merupakan proyek kolaborasi antara NASA, Badan Antariksa Eropa (ESA), dan Badan Antariksa Kanada (CSA). Teleskop penerus Hubble itu disebut akan mengungkap wawasan baru tentang asal-usul alam semesta. Hasil pengamatan dari proyek ini akan dirilis pada 12 Juli.

“Saya sangat menantikan untuk mengungkap hasilnya, itu akan sangat melegakan,” kata Klaus Pontoppidan, astronom di Space Telescope Science Institute (STSI) yang mengawasi Webb, kepada AFP pekan lalu.

Foto bagian pertama yang dirilis akan mencakup Nebula Carina, awan debu dan gas yang sangat besar yang berjarak 7.600 tahun cahaya, serta Nebula Cincin Selatan, yang mengelilingi bintang redup berjarak 2.000 tahun cahaya.

Nebula Carina terkenal dengan pilar-pilarnya yang menjulang mencakup “Gunung Mystic”, puncak kosmik setinggi tiga tahun cahaya yang ditangkap oleh teleskop Hubble.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button