Internasional

PM Samoa Dukung Hubungan dengan China Dibahas di Forum Pasifik

INDOPOSCO.ID – Upaya China membentuk pakta pertahanan dengan negara-negara kepulauan Pasifik harus dipertimbangkan dalam forum kawasan. Demikian diungkapkan pemimpin Samoa dan Selandia Baru, Selasa (14/6/2022).

Pernyataan itu muncul setelah Kepulauan Solomon membuat heboh dengan meneken kesepakatan pertahanan dengan China. Negara-negara Pasifik dan sekutu lama mereka, termasuk Amerika Serikat, Australia dan Selandia Baru, merasa kecolongan dengan pakta itu karena China sedang berusaha memperluas pengaruhnya di kawasan tersebut.

“Isu-isu tersebut perlu dipertimbangkan dalam konteks yang lebih luas tentang apa yang kita miliki dan apa yang kita inginkan terkait ketentuan keamanan bagi kawasan itu,” kata Perdana Menteri Samoa Fiame Naomi Mata’afa seperti dikutip Antara, Selasa (14/6/2022).

Dia merujuk pada Forum Kepulauan Pasifik yang akan digelar pada pertengahan Juli di Fiji, pertemuan luring pertama sejak 2019.

China menolak kritik tentang pakta pertahanan dengan Kepulauan Solomon. Beijing mengatakan pakta itu tidak membawa ancaman militer dan hubungan itu akan lebih menguntungkan siapa pun. Mereka sedang mempromosikan usulan kesepakatan kawasan dengan hampir selusin negara Pasifik tentang kerja sama kebijakan, keamanan dan komunikasi data.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button