Internasional

Wow, Warga Gaza Bisa Nikmati Laut Bersih Lagi

INDOPOSCO.ID – Airnya yang seperti biru kristal, pasirnya yang kuning bersih dan udaranya yang menyenangkan, memberi pengunjung pengalaman pertama menikmati pantai Gaza yang bersih dan aman setelah sekian lama.

Selama bertahun-tahun, limbah dan sampah mengalir langsung ke perairan Gaza, menimbulkan bencana lingkungan yang telah lama merusak salah satu kesempatan langka bagi warga di sana: berenang di sekitar pantai yang sempit.

Musim ini berbeda dari biasanya, karena fasilitas pengolahan limbah yang didanai komunitas internasional di sepanjang kawasan pantai telah beroperasi.

Baca Juga : Seorang Remaja Tewas Ditembak Pasukan Israel

Fasilitas itu mengurangi polusi ke tingkat paling rendah selama bertahun- tahun, kata sejumlah pejabat lingkungan.

“Kami dulu tak bisa datang (ke pantai) karena lautnya tercemar dan jika kami ke sini, anak-anak pulang ke rumah membawa virus dan penyakit kulit,” kata Sahar Abu Bashir, 52 tahun.

“Hari ini kawasannya bersih dan lautnya bersih. Kami merasa seperti berada di negara lain,” kata ibu empat anak itu kepada Reuters, (9/6/2022).

Pekan ini, di pantai yang panjang dan berpasir itu nyaris tak ada bendera merah.

Bendera itu selama ini dipakai untuk memperingatkan pengunjung agar tidak berenang, karena puluhan juta meter kubik limbah tak terolah mengalir ke sana setiap hari.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button