Internasional

AS Ancam Korut jika Nekat Ujicoba Nuklir

Dalam beberapa pekan terakhir, pemerintah AS dan Korsel, serta sejumlah pakar mengatakan bahwa ada tanda-tanda pembangunan konstruksi baru di situs pengujian nuklir Punggye-ri milik Korut.

Mereka juga mengatakan bahwa Pyongyang dapat segera melakukan uji coba bom nuklir. Korut belum menguji lagi bom nuklirnya sejak 2017.

Kepala Badan Energi Atom Internasional Rafael Grossi pada Senin mengatakan proyek perluasan fasilitas nuklir utama milik Korut di Yongbon terus berjalan.

Korut berjuang menghadapi wabah COVID-19 dalam sebulan terakhir. Hingga Senin, tercatat ada sekitar 4,2 juta penduduk di sana yang mengalami gejala demam.

Negara terisolasi itu belum pernah melaporkan berapa banyak orang yang terbukti positif melalui tes COVID.

Para pengamat mengatakan angka yang dilaporkan bisa saja lebih sedikit dari angka sebenarnya.

Korut sejauh ini menolak bantuan dari AS dan Korsel, meskipun Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan situasi COVID di negara itu terus memburuk.

“…tetapi kami berharap (pemimpin Korut) Kim Jong Un akan fokus membantu rakyatnya mengatasi tantangan COVID-19… dan akan kembali ke meja perundingan ketimbang melakukan tindakan provokatif dan berbahaya serta memicu ketidakstabilan (di kawasan),” kata Sherman. (bro)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button