Internasional

Makau Terima Turis China, Bagaimana dengan Hong Kong?

Makau yang merupakan bekas jajahan Portugis dikenal sebagai kota judi terbesar di Asia. Oleh sebab itu, meskipun beberapa wilayah di China daratan diterjang gelombang baru kasus Covid-19, Makau sama sekali tidak menutup akses bagi warga atau wisatawan yang masuk melalui Zhuhai.

Sementara itu, kebijakan mempermudah masuknya wisatawan China ke Hong Kong diperkirakan baru akan diambil setelah John Lee sebagai Kepala Eksekutif Wilayah Administrasi Khusus Hong Kong (HKSAR) dilantik pada 1 Juli mendatang.

Sebelumnya, China dan Hong Kong telah mencapai kesepakatan pembukaan perbatasan tanpa karantina pada akhir 2021. Namun setelah melalui serangkaian uji coba, Hong Kong secara tiba-tiba dilanda gelombang baru Covid-19 yang membuat otoritas setempat sempat kewalahan sehingga membutuhkan uluran bantuan dari pemerintah pusat China seperti dilansir Antara.

Gelombang baru Covid-19 tersebut berdampak pada penundaan pemilihan umum kepala eksekutif sebelum terlaksana pada 8 Mei lalu dengan calon tunggal John Lee. (aro)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button