Internasional

Uni Eropa Akan Setujui Embargo Minyak Rusia “Dalam Beberapa Hari” Lagi

INDOPOSCO.ID – Uni Eropa kemungkinan akan menyetujui embargo impor minyak Rusia “dalam beberapa hari,” menurut anggota terbesarnya Jerman, ketika Moskow mengatakan melihat hubungan ekonominya meningkat dengan China setelah diisolasi oleh Barat atas invasinya ke Ukraina, demikian dilansir Antara.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy mengatakan kepada para pemimpin bisnis global di Davos pada Senin (23/5), dunia harus meningkatkan sanksi terhadap Rusia untuk mencegah negara lain menggunakan “kekuatan kasar” untuk mencapai tujuan mereka.

Banyak dari 27 negara anggota Uni Eropa sangat bergantung pada energi Rusia, memicu kritik dari Kyiv bahwa blok tersebut tidak bergerak cukup cepat untuk menghentikan pasokan.

Hongaria tetap pada tuntutannya pada Senin (23/5) untuk investasi energi sebelum menyetujui embargo semacam itu, bentrok dengan negara-negara Uni Eropa yang mendorong persetujuan cepat. Uni Eropa telah menawarkan hingga 2 miliar euro (USD2,14 miliar) kepada negara-negara tengah dan timur yang kekurangan pasokan non-Rusia.

“Kami akan mencapai terobosan dalam beberapa hari,” kata Menteri Ekonomi Jerman Robert Habeck kepada penyiar ZDF. Komisi Eropa dan Amerika Serikat bekerja secara paralel pada proposal untuk membatasi harga minyak global.

“Ini jelas merupakan tindakan yang tidak biasa, tetapi ini adalah waktu yang tidak biasa,” katanya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button