Internasional

Zelenskyy Minta PBB Adili Rusia atas Kejahatan Perang di Ukraina

INDOPOSCO.ID – Presiden Ukraina Volodymyr Zelenksyy mengatakan kepada Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK-PBB) bahwa Rusia harus diadili atas dugaan melakukan kejahatan perang.

Sementara itu, negara-negara Barat mempersiapkan serangkaian sanksi tambahan untuk dijatuhkan pada Rusia, termasuk dengan memberlakukan larangan melakukan investasi baru di negara itu.

Zelenskyy mempertanyakan kegunaan DK-PBB, yang belum bisa mengambil tindakan apa pun atas invasi Rusia pada 24 Februari ke Ukraina.

Di dewan tersebut, Rusia memiliki veto (hak membatalkan). Empat negara lain punya hak yang sama dengan Rusia, yaitu Amerika Serikat, Prancis, Inggris, dan China.

“Kita berhadapan dengan sebuah negara yang menggunakan veto di Dewan Keamanan menjadi hak untuk (menyebabkan) kematian,” kata Zelenskyy, Selasa (5/4)

“Rusia ingin menjadikan Ukraina sebagai budak bisu,” ujarnya.

Ia berbicara kepada DK-PBB melalui siaran langsung video dari ibu kota Ukraina, Kiev. Pada kesempatan itu, Zelenskyy juga meminta agar reformasi dilakukan terhadap badan dunia tersebut.

Saat menanggapi pernyataan Zelenskyy, Duta Besar Rusia untuk PBB Vassily Nebenzia mengatakan kepada DK-PBB bahwa pasukan Rusia tidak membidik kalangan sipil.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button