Internasional

Australia Evakuasi Kedutaan Besar di Kiev

Tidak hanya mengevakuasi kedutaan besar Australia di Kiev, Perdana Menteri Australia Scott Morrison menyerukan kepada China untuk tidak tetap “tenang dan diam” mengenai krisis di Ukraina.

Morrison, yang pemerintahannya memiliki hubungan dingin dengan China, juga meminta Beijing untuk berdialog atas nama Ukraina setelah China mempersoalkan pertemuan para menteri luar negeri AS, Australia, Jepang dan India di Melbourne pekan lalu.

“Pemerintah China dengan senang hati mengkritik Australia… namun tetap diam terhadap pasukan Rusia yang berkumpul di perbatasan Ukraina,” tutur Morrison dalam sebuah konferensi pers.

“Koalisi otokrasi yang kita lihat, yang berusaha untuk menggertak negara lain, bukanlah perihal yang Australia kira enteng,” ucap Morrison.

Hubungan antara Australia dan negara mitra dagang utamanya–China memburuk setelah Canberra mencegah Huawei Technologies beroperasi di jaringan internet 5G-nya pada 2018.

Tidak hanya itu, pemerintah Australia memperketat undang-undang terhadap campur tangan politik asing dan menekan penyelidikan bebas terhadap asal-usul Covid-19. (mg4)

Sumber: Reuters

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button