Internasional

Otoritas Beijing Duga Kiriman Paket dari Kanada Bawa Omicron

Otoritas kesehatan Beijing mengesampingkan kemungkinan bahwa kasus itu berkaitan dengan kasus- kasus Omicron di beberapa kota di China lainnya. Pasien hanya memiliki kontak dengan paket dan halaman muka dokumen surat dari luar negeri, kata CDC seperti dikutip Antara, Selasa (18/1/2022).

Hasil pengujian pada 22 sampel yang berkaitan dengan surat menunjukkan Omicron terdeteksi pada dua sampel permukaan luar paket, dua sampel permukaan bagian dalam paket, dan delapan sampel kertas di dalamnya.

Delapan orang yang melakukan kontak dengan surat itu telah dilacak dan hasil tes PCR mereka negatif Selain itu, surat internasional lain yang berasal dari jalur pengiriman yang sama dan belum dibuka juga dinyatakan positif membawa Omicron.

Pang menyatakan bahwa risiko meluasnya wabah Covid-19 di Beijing relatif kecil karena semua orang yang dikunjungi pasien dalam 14 hari terakhir dinyatakan negatif. Sebanyak 69 kontak dekat pasien, hasil tesnya juga negatif. Selain itu, 16.547 orang yang dianggap berisiko hasil tesnya pun negatif.

Sebelumnya, China melaporkan beberapa wabah terkait dengan barang impor. Virus corona dapat bertahan lama dalam suhu rendah sehingga menyebabkan penularan virus meningkat pada musim dingin seperti sekarang ini.

Pang mengimbau warga Beijing untuk mengurangi pembelian komoditas dari luar negeri dan melakukan upaya pencegahan mandiri ketika menerima surat atau barang dengan mengenakan masker, sarung tangan, dan menggunakan desinfektan serta membuang bungkusnya dengan benar.(mg1)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button