Internasional

Indonesia Harapkan Kerja Sama Transisi Energi dengan Jamaika

INDOPOSCO.ID – Pemerintah Indonesia mengharapkan adanya potensi kerja sama terkait restorasi hutan dan bakau dan transisi energi dengan Jamaica sebagai negara yang juga dinilai memiliki ketertarikan yang sama.

“Saya tahu ketertarikan yang sama antara Indonesia dan Jamaika adalah restorasi hutan, mangrove, dan transisi energi. Area-area ini adalah potensi untuk kolaborasi kita ke depannya,” kata Wakil Menteri Luar Negeri Mahendra Siregar dalam sambutannya pada dialog virtual di Jakarta, seperti dikutip Antara, Rabu malam (12/1/2022).

Dia menilai pembahasan mengenai transisi energi sangat lah penting dan mencerminkan pandangan serta perspektif Indonesia sebagai negara berkembang dan negara kepulauan yang sangat terdampak oleh perubahan iklim.

Baca Juga : Indonesia Siap Jadi Pusat Produksi Vaksin Asia-Pasifik

“Indonesia dan Jamaika keduanya adalah negara kepulauan dan negara berkembang. Kami rawan terdampak perubahan iklim, seperti naiknya level permukaan laut dan pengasaman samudra,” katanya.

Untuk itu, dia mengatakan Indonesia menempatkan isu transisi energi sebagai sektor prioritas dalam Presidensi G20 tahun ini.

Selain itu, Mahendra menambahkan bahwa untuk pertama kalinya dalam sejarah, Presidensi G20 memutuskan untuk mengundang negara-negara kepulauan kecil yang diwakili oleh Caribbean Community (CARICOM) dan Pacific Islands (PAF).

Baca Juga : Indonesia Diharapkan Terus Berkontribusi untuk Afghanistan

“Kami ingin G20 menjadi relevan bukan hanya untuk negara-negara anggota, melainkan juga seluruh dunia,” katanya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button