Internasional

Afrika Berlomba Dapatkan Pil Covid-19 Pfizer

Obat-obatan semacam itu akan sangat penting jika varian lain yang sangat menular muncul dan sistem kesehatan masyarakat menjadi kewalahan, kata dia.

“Satu-satunya cara untuk meringankannya adalah jika kita memiliki obat-obatan seperti Paxlovid, orang dapat meminum obat itu dan tinggal di rumah dan merasa tenang… dengan begitu beban dan kendala pada sistem kesehatan tidak berat,” kata Nkengasong.

Sementara negara-negara kaya, termasuk Amerika Serikat dan Inggris, telah mendapat kesepakatan untuk membeli pil tersebut, muncul kekhawatiran bahwa negara-negara berpenghasilan rendah akan tertinggal dalam upaya ini karena pasokan yang terbatas, seperti halnya dalam perebutan vaksin.

Untuk mengatasi masalah harga, Pfizer telah setuju untuk mengizinkan produsen obat generik memasok versi pengobatan ke 95 negara berpenghasilan rendah dan menengah melalui perjanjian lisensi dengan kelompok kesehatan masyarakat internasional, Medicines Patent Pool (MPP).

Afrika telah mencatat lebih dari 10 juta kasus Covid-19 sejak awal pandemi, meskipun jumlah sebenarnya kemungkinan jauh lebih tinggi karena pengujian yang tidak merata.

Nkengasong mengatakan 10 persen orang Afrika telah divaksin lengkap. (mg3)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button