Internasional

Pemimpin Taiwan Ingatkan China Bahwa Konflik Militer Bukan Jawaban

INDOPOSCO.IDPemimpin Taiwan Tsai Ing-wen menandai tahun baru 2022 dengan sebuah pesan untuk China bahwa konflik militer bukanlah jawaban.

“Kita harus mengingatkan pihak berwenang di Beijing untuk tidak salah menilai situasi dan buat mencegah ekspansi petualangan militer secara internal,” kata Tsai dalam pidato Tahun Baru yang disiarkan langsung di Facebook,Sabtu (1/1/2021),.

China mengklaim Taiwan yang diperintah secara demokratis sebagai bagian dari wilayahnya dan telah meningkatkan tekanan militer dan diplomatik dalam dua tahun terakhir untuk menegaskan klaim kedaulatannya.

Baca Juga : Beijing Nilai Keputusan Nikaragua Tepat

Dalam pidato Tahun Baru, Presiden China Xi Jinping sehari sebelumnya mengatakan penyatuan lengkap “tanah air” adalah aspirasi yang dimiliki oleh orang-orang di kedua sisi Selat Taiwan.

Taiwan mengklaim diri sebagai negara merdeka dan telah berulang kali bersumpah untuk mempertahankan kebebasan dan demokrasinya. “Militer jelas bukan pilihan untuk menyelesaikan perselisihan lintas selat. Konflik militer akan berdampak pada stabilitas ekonomi,” kata Tsai.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button