Internasional

FAO Dorong Dunia Membuat Sistem Pertanian Pangan yang Lebih Tangguh

Pendorong utama kerawanan pangan dan malnutrisi termasuk konflik, peristiwa iklim ekstrem, dan penurunan ekonomi dengan pandemi menjadi faktor tambahan pada tahun 2020.

“Pandemi menyoroti ketahanan dan kelemahan sistem pertanian pangan kita,” kata Direktur Jenderal FAO Qu Dongyu dalam konferensi virtual.

Menurut temuan laporan tersebut, sementara negara berpenghasilan rendah berada pada risiko terbesar dari guncangan mendadak, negara berpenghasilan menengah juga menghadapi ancaman yang sama.

Tindakan yang disarankan oleh FAO termasuk mendesak pemerintah untuk membuat ketahanan dalam sistem pertanian pangan mereka “bagian strategis dari tanggapan mereka terhadap tantangan yang sedang berlangsung dan masa depan.”

Diversifikasi sumber input, produksi, pasar, dan rantai pasokan akan menjadi salah satu langkah kunci dalam strategi ini.

Keanekaragaman dalam rantai pertanian pangan juga dapat ditingkatkan dengan mendukung perusahaan, konsorsium, dan klaster sektor kecil dan menengah, saran FAO.

Sementara itu, faktor kunci lainnya adalah meningkatkan konektivitas jaringan pertanian pangan untuk mengatasi kemungkinan gangguan pada jalur transportasi dengan lebih baik.(mg2)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button