Internasional

Taiwan Sebut China Mampu Memblokade Pelabuhan Pentingnya

INDOPOSCO.ID – Militer China mampu memblokade pelabuhan dan bandara penting Taiwan. Hal itu disampaikan kementerian pertahanan Taiwan pada Selasa (9/11/2021) saat memberikan penilaian terbaru tentang apa yang mereka sebut sebagai ancaman besar militer China.

China tak pernah melepaskan penggunaan kekuatan untuk menempatkan Taiwan di bawah kendalinya. Negara raksasa itu telah meningkatkan aktivitas militer di sekitar Taiwan, termasuk menerbangkan pesawat tempur berkali-kali di zona pertahanan udara pulau itu.

Dalam laporan dua tahunan terbarunya, Kemenhan Taiwan mengatakan China telah meluncurkan apa yang disebut dengan perang “zona abu-abu”. Laporan itu menyebutkan adanya 554 kali “penyusupan” oleh pesawat tempur China di medan barat daya zona identifikasi pertahanan udara Taiwan antara September tahun lalu dan akhir Agustus.

Baca Juga : Tegang dengan China, Taiwan Akan Perkuat Pasukan Cadangan

Analis militer mengatakan taktik itu ditujukan untuk menaklukkan Taiwan dengan cara membuat pulau itu kelelahan.

Pada saat yang sama, Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) China bermaksud menyelesaikan modernisasi kekuatannya hingga 2035 untuk “memperoleh superioritas dalam kemungkinan operasi melawan Taiwan dan kemampuan yang layak untuk menghalau pasukan asing, yang menjadi tantangan berat bagi keamanan nasional kita”, kata Kemenhan Taiwan, seperti dikutip Antara Selasa (9/11/2021).

“Saat ini, PLA mampu melakukan blokade gabungan lokal terhadap pelabuhan, bandara, dan rute penerbangan ke luar kita yang penting, untuk memotong jalur komunikasi laut dan udara, serta memengaruhi jalur pasokan militer dan sumber logistik kita,” kata Kemenhan.

Baca Juga : Taiwan Sambut Delegasi Resmi Pertama Parlemen Eropa

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button