Internasional

Parlemen AS Prihatin Dengan Rencana Penjualan F-16 ke Turki

“Meskipun kami yakin bahwa Kongres AS akan berdiri bersama untuk memblokir ekspor semacam itu( penjualan jet tempur) jika rencana ini berkembang. Amerika Serikat tidak dapat mentransfer peralatan militer canggih apa pun kepada pemerintah Turki saat ini,” kata surat itu.

Gedung Putih dan Departemen Luar Negeri AS belum menanggapi permintaan untuk berkomentar. Reuters melaporkan pada awal Oktober bahwa Turki telah mengajukan permintaan ke AS untuk membeli 40 jet tempur F-16 buatan Lockheed Martin dan hampir 80 peralatan modernisasi untuk pesawat- pesawat tempur milik negara itu.

Ankara sebelumnya juga telah memesan lebih dari 100 jet F-35 buatan Lockheed Martin, tetapi AS menghapus Turki dari program itu pada 2019 setelah Turki membeli alat sistem pertahanan rudal S-400 Rusia.

Kemitraan antara AS dan Turki telah mengalami luapan dalam lima tahun terakhir karena beberapa hal, yakni ketidaksepakatan terkait Suriah, hubungan Ankara yang lebih dekat dengan Moskow, ambisi angkatan laut Turki di Mediterania, tuduhan AS terhadap bank milik negara Turki, serta kemerosotan hak dan kebebasan di Turki. (mg1)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button