Internasional

Taliban Tak Diizinkan Akses Dana Cadangan Bank Sentral Afghanistan

INDOPOSCO.IDTaliban tak akan diizinkan mengakses dana cadangan bank sentral Afghanistan yang sebagian besar disimpan di Amerika Serikat. Demikian diungkapkan Wakil Menteri Keuangan AS Wally Adeyemo pada Selasa (19/10/2021).

Taliban sudah meminta Amerika Serikat untuk mencabut blokir terhadap dana cadangan bank sentral Afghanistan senilai lebih dari 9 miliar dolar AS (sekitar Rp126,9 triliun) yang disimpan di luar Afghanistan saat negara itu berjuang untuk menahan krisis ekonomi yang semakin dalam.

“Kami percaya bahwa penting bagi kami untuk mempertahankan sanksi terhadap Taliban, tetapi pada saat yang sama berupaya menemukan cara untuk memberi bantuan kemanusiaan yang sah untuk sampai ke rakyat Afghanistan. Itulah tepatnya yang kami lakukan,” kata Adeyemo kepada Komite Perbankan Senat AS seperti dikutip Antara, Rabu (20/10/2021).

Baca Juga : Pembicaraan AS-Taliban Tentang Bantuan Kemanusiaan Bermutu

Taliban mengambil kembali kekuasaan di Afghanistan pada Agustus setelah Amerika Serikat menarik pasukannya, yakni hampir 20 tahun setelah kelompok itu digulingkan oleh pasukan pimpinan AS setelah serangan 11 September 2001 di Amerika Serikat.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button