Internasional

Pesawat Misterius Hantam Milisi Iran di Suriah Timur

Para milisi itu kini menguasai kota yang mayoritas dihuni Sunni tersebut, yang jadi bagian dari kehadiran mereka di seluruh​​​​​​​Deir al Zor, kata sejumlah warga setempat dan sumber militer.

Serangan udara berupa hantaman pesawat itu belum dilaporkan media pemerintah Suriah, yang sebelumnya membantah bahwa ribuan petempur milisi dukungan Iran dikerahkan di sebagian besar wilayah negara itu.

Israel khawatir dengan pengaruh regional Iran yang berkembang dan kehadiran militernya di Suriah. Mereka mengatakan telah melakukan ratusan serangan di Suriah untuk memperlambat pergerakan Iran.

Selama 2020, serangan oleh pesawat nirawak Israel telah terkonsentrasi di kota perbatasan Albu Kamal.

Kota itu terletak di rute strategis untuk distribusi pasokan bagi milisi dukungan Iran yang secara teratur mengirim bala bantuan dari Irak ke Suriah.

Para milisi itu juga menguasai sejumlah besar wilayah perbatasan di sisi Irak.

Sejumlah sumber intelijen Barat mengatakan Israel telah memperluas serangan udara pada sejumlah titik yang diduga menjadi tempat pengiriman dan penyebaran senjata oleh milisi dukungan Iran dan sekutunya, Hizbullah Lebanon, yang mendukung Presiden Suriah Bashar al-Assad. (mg3)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button