Internasional

Seruan Untuk Nyatakan Akhir Perang Korea Terlalu Dini

Presiden Moon mengatakan ia yakin kalau Pyongyang akan menyadari kepentingannya untuk berdialog dengan Washington, namun dia tidak yakin saat itu akan muncul selama era jabatannya, yang akan berakhir pada 2022.

Moon berbicara dengan wartawan di atas jet kepresidenan Korea Selatan saat dia terbang kembali ke Seoul dari Amerika Serikat setelah berpidato di Sidang Umum PBB.

“Tampaknya Korea Utara masih mempertimbangkan pilihan sambil tetap membuka pintu untuk pembicaraan karena Korut hanya meningkatkan ketegangan pada tingkat rendah, dan itu cukup bagi AS untuk tidak memutuskan semua kontak,” tutur Moon.

Pada Selasa, Presiden AS Joe Biden berpidato di depan majelis PBB serta mengatakan Amerika Serikat menginginkan “diplomasi berkelanjutan” untuk menyelesaikan krisis seputar program nuklir dan rudal balistik Korea Utara.

Korea Utara telah menolak tawaran AS untuk ikut serta dalam dialog, serta kepala badan pengawas energi atom PBB (IAEA) pekan ini mengatakan kalau program nuklir Pyongyang akan” berlanjut.

Uji coba rudal balistik Korea Utara dan Korea Selatan berlangsung pekan lalu. Itu merupakan tembakan rudal terkini dalam perlombaan senjata di mana kedua negara telah mengembangkan senjata yang semakin canggih di tengah upaya sia-sia untuk memulai pembicaraan guna meredakan ketegangan. (mg2/wib)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button