Internasional

China Tak Punya Hak Menentang Taiwan Masuk Pakta Perdagangan Pasifik

China mengirim angkatan udaranya untuk mengancam Taiwan setelah negara itu mengeluarkan pengumuman soal pengajuan untuk bergabung dengan CPTPP. “Pola perilaku ini hanya bisa datang dari China,” kata deplu Taiwan.

Menurut Taiwan, China menentang Taiwan menggunakan perdagangan dan memaksakan “ruang internasionalnya” untuk menjalankan tindakan-tindakan yang mengarah pada kemerdekaan.

Dalam sebuah pernyataan yang juga dikeluarkan pada Kamis malam, Kantor China untuk Urusan Taiwan mengatakan masuknya China ke CPTPP akan menguntungkan pemulihan ekonomi global pascapandemi. “Kami berharap negara-negara menangani hal-hal terkait Taiwan dengan tepat dan tak memberikan kemudahan untuk kegiatan kemerdekaan Taiwan,” kata kantor China itu.

Perjanjian tersebut, yang dimulai dengan 12 anggota awal dan sebelumnya dikenal sebagai Kemitraan Trans-Pasifik (TPP), dipandang sebagai alat penyeimbang ekonomi yang penting terhadap pengaruh China yang semakin besar.

Namun, TPP berada dalam ketidakpastian pada awal 2017 ketika Amerika Serikat yang saat itu dipimpin Presiden Donald Trump mengundurkan diri dari TPP. Kemitraan kemudian berganti nama menjadi CPTPP, menghubungkan Kanada, Australia, Brunei, Chile, Jepang, Malaysia, Meksiko, Selandia Baru, Peru, Singapura, dan Vietnam. (wib)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button