Internasional

Bahas Bantuan, Utusan PBB Temui Pejabat Menteri Afghanistan

Taliban kesekian kali mematok PBB selama misi militer pimpinan Amerika Serikat beroperasi selama 2 dekade di Afghanistan. Misi itu selesai bulan lalu dengan kekalahan pemerintah Afghanistan yang didukung Barat, oleh Taliban.

Dalam salah satu kejadian paling berdarah, gerilyawan Taliban menewaskan 5 staf asing PBB dalam serangan di sebuah wisma di Kabul pada 2009. Juli lalu, orang-orang bersenjata menyerang lingkungan PBB di Kota Herat dengan granat berpeluncur roket yang membunuh seorang penjaga, sementara pengunjuk rasa di kota utara Mazar- i- Sharif pada 2011 membunuh 7 staf PBB.

Jaringan Haqqani, sebuah kelompok di dalam Taliban dan selama bertahun- tahun berbasis di perbatasan dengan Pakistan, dianggap bertanggung jawab atas sebagian serangan militan terburuk di Afghanistan selama pemberontakan Taliban. AS memutuskan kelompok itu sebagai organisasi teroris pada 2012.

Berita Terkait

Haqqani merupakan salah satu orang yang paling dicari biro penyelidik federal AS( FBI) dengan hadiah 10 juta dolar( sekitar Rp142, 5 milyar) untuk informasi yang membidik pada penangkapannya.

Pejabat AS dan anggota pemerintah lama Afghanistan yang didukung AS selama bertahun- tahun mengatakan jaringan Haqqani menjaga ikatan dengan angkatan laut(AL) Qaeda. Taliban telah berjanji untuk tidak membiarkan Afghanistan digunakan untuk serangan militan di negara lain. (mg4/wib)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button