Internasional

Pos Perbatasan Baru China-Makau Dibuka

Perbatasan China-Makau

Keberangkatan dan kedatangan diproses dalam satu rute. Terdapat 50 unit pintu masuk dan 50 unit pintu keluar otomatis yang dipasang di pos itu, komplit dengan 2 counter pemeriksaan imigrasi dari kedua belah pihak di tiap rute keluar-masuk.

Dibukanya pos baru itu akan tingkatkan kerja sama Provinsi Guangdong dan Makau dan jadi angin sejuk untuk pembangunan di area Guangdong-Hong Kong-Makau, demikian Gubernur Guangdong Ma Xingrui.

Kepala Eksekutif Wilayah Administrasi Khusus Makau Ho Latseng mengatakan bahwa pembangunan pos perbatasan Qingmao yang bersumber pada perbandingan ketentuan hukum dan sistem manajemen Makau dan China itu mencatat pencapaian kerja sama Makau-China sekaligus tingkatkan pemahaman prinsip “satu negeri, dua sistem”.

Baik Gongbei maupun Qingmao ialah pos perbatasan darat yang berada tidak jauh dari stasiun kereta api Zhuhai sebagai rute pemindahan utama menuju Guangzhou, Ibu Kota Provinsi Guangdong. Makau yang diketahui sebagai kota judi terbesar di Asia itu pula terkoneksi dengan Zhuhai (China) dan Hong Kong oleh jembatan tol di atas laut yang mulai beroperasi sejak 2019. (mg4/wib)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button