Internasional

Taliban Izinkan Warga Asing Tinggalkan Afghanistan

INDOPOSCO.ID – Dua ratus warga asing di Afghanistan, termasuk warga Amerika akan diterbangkan dengan pesawat carter dari Kabul pasca pemerintah Taliban menyetujui evakuasi terhadap mereka.

Seorang pejabat Amerika Serikat yang tidak mau disebutkan namanya mengatakan bahwa penerbangan tersebut akan menjadi penerbangan internasional pertama yang lepas landas dari Bandara Kabul sejak Taliban merebut ibu kota itu pertengahan Agustus. Evakuasi besar-besaran tersebut menyebabkan 124.000 orang asing dan warga Afghanistan berisiko keluar dari negara itu.

“Evakuasi tersebut dilakukan dua hari pasca Taliban menunjuk pejabat sementara yang salah satunya adalah buronan tersangka terorisme. Penunjukan pejabat tersebut memupus harapan internasional pada pemerintahan Afghanistan yang lebih moderat,” ujar pejabat AS tersebut seperti dikutip Antara, Kamis (9/9/2021).

Dikatakan Taliban terus ditekan untuk mengizinkan evakuasi lanjutan oleh Perwakilan Khusus AS Zalmay Khalilzad. Sebab banyak warga sipil Amerika dan warga negara asing lainnya terlantar selama berhari-hari di kota utara Mazar-i-Sharif karena pesawat sewaan mereka tidak diizinkan terbang.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button