Internasional

Menlu RI Berharap Afghanistan Tidak Jadi Sarang Pelatihan Teroris

INDOPOSCO.ID – Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi berharap Afghanistan tidak dijadikan tempat pelatihan organisasi teroris, setelah negara itu dikuasai oleh kelompok Taliban pada pertengahan Agustus lalu.

“Indonesia berharap Afghanistan tidak dijadikan sebagai tempat berkembang biak serta pelatihan organisasi teroris dan aktivitas yang mengancam perdamaian serta stabilitas di kawasan,” tutur Retno disaat menyampaikan pernyataan pers secara virtual, usai pertemuan menteri luar negeri dan menteri pertahanan( 2+2) Indonesia- Australia di Jakarta seperti dikutip Antara, Kamis (9/9/2021).

Permintaan tersebut telah disampaikan langsung oleh Menlu Retno saat bertemu perwakilan Taliban di Doha, Qatar, pada 26 Agustus lalu.

Menurut Menlu Retno, Indonesia memantau secara dekat situasi di lapangan termasuk pembentukan pemerintah sementara (caretaker government) yang diumumkan Taliban pada Selasa (7/9).

“Indonesia tetap menggarisbawahi pentingnya membangun pemerintahan yang inklusif di Afghanistan,” tutur ia menegaskan.

Tidak hanya itu, Retno menyampaikan kalau Indonesia juga berharap agar hak asasi manusia, khususnya hak perempuan dan anak perempuan di Afghanistan, tetap dihormati serta dimajukan.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button