Internasional

Dilanda Wabah Sapi Gila, Brazil Stop Ekspor Daging ke China

INDOPOSCO.ID – Wabah penyakit sapi gila sedang melanda eksportir daging terbesar di dunia, Brazil. Akibatnya, negara dari Amerika Latin itu terpaksa menghentikan sementara ekspor daging ke pelanggan terbesarnya, China. Keputusan itu diambil setelah ada dua temuan kasus yang terkonfirmasi penyakit sapi gila “tak biasa” di dua pabrik pemotongan hewan di dalam negeri, kata Kementerian Pertanian, Sabtu (4/9).

Penundaan ekspor itu merupakan bagian dari pakta kesehatan hewan antara China dan Brazil, sekaligus untuk memberi waktu kepada China mengatasi masalah tersebut.

Penundaan ekspor itu menjadi pukulan telak bagi para peternak sapi di Brazil. Sebab, mayoritas atau lebih dari setengah kuota ekspor mereka ditujukan ke China dan Hong Kong.

Otoritas pemerintah setempat melaporkan, kedua kasus yang terkonfirmasi itu teridentifikasi di pabrik daging di dua negara bagian, yakni Mato Grosso dan Minas Gerais, serta merupakan penyakit sapi gila “atipikal” keempat dan kelima yang ditemukan di Brazil selama 23 tahun.

Penyakit sapi gila “atipikal”, kata kementerian, berkembang secara spontan dan tidak ada hubungannya dengan konsumsi makanan yang terkontaminasi.

Brazil tidak pernah menjumpai kasus penyakit sapi gila “klasik”, kata lembaga negara itu.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button