Internasional

Kunjungi Suu Kyi, Utusan ASEAN Negosiasi Junta Myanmar

Konsensus tersebut termasuk diakhirinya kekerasan dan dimulainya pembicaraan damai di antara semua pihak. “Itulah yang saya katakan kepada pihak berwenang saat ini di Myanmar, saya perlu berbicara dengan semua pihak terkait dan itu masih dalam negosiasi,” kata Erywan.

Seorang juru bicara militer tidak segera bisa dimintai komentar. Erywan mengatakan konsultasinya dengan junta dan pihak lain di lapangan “berkembang cukup baik”.

Dia mengatakan dia sedang mencari untuk membentuk tim penasihat untuk mendukung perannya sebagai utusan. Tim tersebut dapat mencakup tetangga Myanmar, termasuk India dan Bangladesh, katanya.

Ketika mengambil alih kekuasaan, militer menuduh penyimpangan dalam pemilihan yang dimenangi secara telak oleh partai Liga Nasional untuk Demokrasi Suu Kyi pada November 2020. Komisi pemilihan dan pemantau internasional saat itu mengatakan tuduhan tentara itu salah.

Pihak berwenang militer mengatakan perebutan kekuasaan mereka tidak boleh disebut kudeta karena itu sejalan dengan konstitusi. (aro)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button