Internasional

Uzbekistan Hanya Izinkan Transit Udara Rute Afghanistan-Jerman

INDOPOSCO.ID – Uzbekistan akan membantu orang-orang yang melarikan diri dari kekuasaan Taliban di negara tetangga Afghanistan untuk transit sebelum bertolak ke Jerman. Demikian pernyataan pemerintah setempat pada Selasa (31/8/2021). Namun, bantuan tersebut hanya terbatas untuk mereka yang terbang dalam waktu singkat.

Uzbekistan memiliki perbatasan darat dengan Afghanistan, di mana banyak warga Afghanistan bergegas pergi saat kekerasan meningkat akibat penarikan pasukan pimpinan AS dan pengambilalihan sebagian besar wilayah oleh Taliban. Demikian dikutip Antara, Selasa (31/8/2021).

Pemerintah Tashkent mengkonfirmasi akan mengizinkan transit bagi warga Afghanistan yang berisiko dan masuk dalam daftar evakuasi Jerman, seperti yang dikatakan Menteri Luar Negeri Jerman Heiko Maas pada Senin (30/8/2021) usai berbicara dengan pejabat Uzbekistan.

Namun Kementerian Luar Negeri Uzbekistan melalui pernyataan mengatakan perbatasan darat Uzbekistan-Afghanistan masih ditutup dan bantuan tersebut hanya berupa transit udara bagi mereka yang hanya tinggal sebentar di negara itu.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button