Internasional

Rusia Latihan Militer di Tengah Evakuasi Warga dari Afghanistan

Dalam rangakaian cuitan di Twitter, Kedutaan Rusia mengatakan penerbangan evakuasi tambahan terbuka untuk warga negara dan penduduk Rusia, termasuk warga negara yang tergabung dalam Organisasi Pakta Keamanan Kolektif (CSTO), blok keamanan pasca- Soviet di Moskow.

Rusia mengevakuasi sebanyak 360 orang pekan lalu dan Interfax pada Senin mengutip perwakilan pusat diaspora Afghanistan di Rusia yang menyebut sebanyak 500 warga Afghanistan kemungkinan juga memenuhi syarat sebagai pelajar, penduduk atau pemegang izin kerja.

Sementara itu, Kementerian Pertahanan Rusia menyebutkan sekitar 500 tentara infantri yang dimotorinya dari markas militer Rusia di Tajikistan melakukan latihan di pegunungan dekat perbatasan Afghanistan, menurut keterangan Interfax.

Kementerian mengatakan bahwa latihan mencakup uji tembak dari sistem pertahanan udara S- 300 dalam serangan simulasi di pangkalan itu

Itu adalah latihan ketiga yang dilakukan Rusia dekat dengan perbatasan Afghanistan bulan ini. Bulan depan, CSTO akan mengadakan latihan lainnya di Kyrgystan sebagai tuan rumah pangkalan udara militer Rusia.

Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu mengatakan minggu lalu Moskow akan bekerja secara intens dengan anggota CSTO setelah penarikan tentara AS dari Afghanistan yang meningkatkan risiko keamanan global. (mg3)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button