Internasional

Ratusan Warga Afghanistan Dievakuasi ke Korsel

Dia mengakui kontroversi atas rencana tersebut, dengan mengatakan keputusan untuk menerima pengungsi Afghanistan menjadi “sulit”. Namun, Park menegaskan Korsel tidak bisa meninggalkan “teman- temannya”.

“Terlepas dari kenyataan bahwa kami secara fisik terpisah di negara yang jauh, mereka praktis adalah tetangga kami. Bagaimana mungkin kita bisa menutup mata terhadap mereka ketika nyawa mereka terancam karena fakta bahwa mereka bekerja dengan kita?” ujar dia.

Korsel telah menerima lebih dari 30 ribu pembelot Korut selama bertahun-tahun, tetapi mereka menyetujui sejumlah kecil pencari suaka dari negara lain.

Pada 2018, lonjakan tiba-tiba dari kedatangan warga Yaman di pulau resor selatan Jeju memicu kekhawatiran atas kemungkinan peningkatan kejahatan dan kesengsaraan sosial lainnya, yang mendorong tindakan keras pemerintah terhadap pendatang.

Hanya 55 dari 6.684 orang yang mencari status pengungsi di Korsel pada 2020 yang menerimanya, 127 lainnya diizinkan tinggal karena alasan kemanusiaan, meskipun tidak ditetapkan sebagai pengungsi, berdasarkan data kementerian kehakiman. (mg3)

Sumber: Reuters – Dikutip dari: Antara

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button