Internasional

Pemimpin Anti-Taliban Siap Serang Balik

Namun ada beberapa ketidakpastian mengenai apakah operasi oleh pasukan Taliban sudah dimulai ataupun tidak. Seorang pejabat Taliban menjelaskan serangan sudah diluncurkan di Panjshir. Tetapi seorang ajudan Massoud menjelaskan tidak ada tanda- tanda kalau pasukan itu benar-benar memasuki celah sempit ke lembah serta tidak ada laporan pertempuran.

Satu- satunya pertempuran yang dikonfirmasi sejak jatuhnya Kabul pada Minggu, pasukan anti- Taliban merebut kembali 3 distrik di provinsi utara Baghlan, yang berbatasan dengan Panjshir pekan lalu.

Namun Massoud mengatakan ia tidak mengorganisir operasi perebutan kembali 3 distrik itu. Dia menjelaskan operasi itu dilakukan oleh kelompok- kelompok milisi lokal yang bereaksi terhadap” kebrutalan” di daerah tersebut.

Massoud menyerukan pemerintah yang inklusif dan berbasis luas di Kabul yang mewakili semua kelompok etnis Afghanistan. Dia mengatakan” rezim totaliter” tidak boleh diakui oleh masyarakat internasional.

Puing-puing kendaraan lapis baja Soviet yang masih memenuhi lembah menunjukkan betapa sulitnya Panjshir dikalahkan di masa lalu.

Tetapi banyak pengamat asing mempertanyakan apakah pasukan Massoud akan sanggup bertahan lama tanpa dukungan dari luar.

Massoud menjelaskan pasukannya, yang menurut seorang ajudan berjumlah lebih dari 6. 000, akan membutuhkan dukungan internasional jika harus berperang.

“Ada banyak orang lain dari banyak provinsi lain yang mencari perlindungan di lembah Panjshir yang berdiri bersama kami serta yang tidak mau menerima identitas lain untuk Afghanistan,” tuturnya. (mg2)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button