Internasional

Josephine Baker, Perempuan Kulit Hitam Pertama Dimakamkan di Pantheon

Baker lahir di Missouri, Amerika Serikat, pada 1906 serta dimakamkan di Monaco pada 1975. Pada 1925, dia berusaha melarikan diri dari rasisme serta segregasi yang terjadi di AS. dia menjadi warga negara Prancis setelah menikah dengan Jean Lion pada 1937.

Di Prancis, Baker dengan cepat mendapatkan ketenaran karena penampilan tarian “banana skirt” yang memukau penonton di Theater des Champs- Elysees serta di Folies Bergere, Paris.

Selama Perang Dunia II, dia bergabung dengan Perlawanan Prancis serta aktif mendukung dan menyuarakan hak-hak sipil bersama gerakan yang dipimpin Martin Luther King Jr.

“Ia merupakan seorang seniman, bintang internasional kulit hitam pertama, inspirasi kaum kubisme, pejuang perlawanan selama perang dunia kedua di Prancis, dan aktif bersama Martin Luther King dalam perjuangan hak-hak sipil,” tulis petisi tersebut.

Dari 80 tokoh yang dimakamkan di Panthéon, Baker akan menjadi perempuan kelima yang mendapat penghormatan itu. Tokoh perempuan keempat sebelumnya adalah Simone Veil, mantan menteri Prancis yang selamat dari Holocaust dan memperjuangkan hak aborsi, dimakamkan pada 2018. (mg2)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button