Internasional

Duh Situasi Haiti Terus Memburuk Pascagempa 7,2

Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin mengatakan di Twitter bahwa kapal angkatan laut USS Arlington tengah menuju Haiti dengan membawa sejumlah helikopter, tim dokter bedah dan kapal pendarat untuk membantu upaya penanggulangan.

Sejumlah negara, termasuk AS, telah mengirimkan bantuan dan tim penyelamat. Upaya menjangkau daerah-daerah yang sangat membutuhkan bantuan terhambat oleh longsor dan kerusakan jalan utama.

Selain itu, perkelahian antargeng juga mempersulit perjalanan antara ibu kota Port-au-Prince dan wilayah selatan di mana lahan pertanian dan sumber air minum telah hancur. Hewan-hewan ternak juga mati dalam bencana tersebut.

Para pejabat dan penduduk kota-kota kecil dan daerah-daerah pedesaan terus mencatat jumlah warga yang tewas dan hilang. Bagi banyak warga lainnya, gempa itu telah menjungkirbalikkan hidup mereka secara diam-diam namun berdampak panjang.

Manithe Simon, 68 tahun, berdiri di depan rumahnya yang roboh di Marceline pada Jumat. Dia masih syok, begitu cepat bulan madunya berubah menjadi mimpi buruk.

Beberapa hari sebelum gempa, dia dan Wisner Desrosier akhirnya memutuskan untuk menikah di gereja setempat. Mereka telah hidup bersama dan membesarkan empat anak mereka selama 44 tahun.

Kini kamar tidurnya, di mana dia berpose untuk foto pernikahan dalam gaun putih tak berlengan dan bunga-bunga yang menghiasi ranjang, terkubur reruntuhan. “Pernikahan kami begitu indah, meskipun hari itu hujan sangat deras,” tandasnya. “Namun kini kami kehilangan segalanya,” ujarnya. (aro)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button