Internasional

Presiden Korsel Tolak Tuduhan Terkait Skandal Spionase Korut

Chosun Ilbo dan sejumlah media lain juga mengatakan ketiga aktivis telah bertemu dengan seorang anggota parlemen senior dari Partai Demokratik, yang kini berkuasa, untuk membahas proyek-proyek yang mungkin bisa digarap di Korut.

Polisi, NIS, dan Pengadilan Distrik Cheongju, yang menerbitkan surat perintah penangkapan ketiga aktivis, tidak bisa dimintai komentarnya atas laporan Chosun Ilbo.

Kubu oposisi Partai Kekuatan Rakyat menggambarkan kasus itu sebagai “skandal spionase” dan menuntut agar Moon dan Partai Demokratik menjelaskan hubungan mereka dengan ketiga aktivis.

Juru bicara kantor Moon menolak tuduhan para aktivis bahwa mereka pernah bekerja untuk Moon dengan mengatakan dalam pernyataan bahwa hal itu “tak layak untuk disebut”.

Juru bicara Partai Demokratik mengatakan pihaknya tak mau mengomentari. Moon yang liberal sangat ingin meningkatkan hubungan dengan Korut. Dia mengatakan kedua negara akan memetik manfaat ekonomi, terlepas dari program persenjataan dan rudal nuklir Korut.

Sebagai tanda pertama mengendurnya ketegangan selama berbulan-bulan, kedua Korea pekan lalu memulihkan sambungan hotline yang diputus oleh Korut setahun lalu ketika hubungan kedua negara memburuk. (gin)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button