Internasional

Menlu AS Temui Paus Fransiskus di Vatikan

INDOPOSCO.ID – Paus Fransiskus pada Senin mengadakan pembicaraan dengan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony Blinken, yang mengunjungi Vatikan setelah uskup Katolik Amerika mengambil keputusan yang dapat membuat mereka menolak komuni kepada Presiden Joe Biden.

Blinken adalah pejabat administrasi AS berpangkat tertinggi yang pernah ditemui Paus sejak pelantikan Biden pada Januari.

Menlu AS itu mengadakan pembicaraan pribadi selama 40 menit dengan Paus Fransiskus di Istana Apostolik Vatikan setelah melakukan pertemuan terpisah dengan Sekretaris Negara Kardinal Pietro Parolin dan Uskup Agung Paul Gallagher, Menteri Luar Negeri Vatikan.

Kunjungan tersebut menyusul sebuah konferensi, yang dalam kesempatan itu para uskup Katolik Roma AS memilih untuk merancang sebuah pernyataan tentang komuni yang dapat menegur politikus Katolik, termasuk Biden, yang mendukung hak perempuan untuk aborsi meskipun secara pribadi menentang praktik tersebut.

Para uskup memutuskan untuk melanjutkan langkah dengan dokumen tersebut, sebagian besar mengabaikan peringatan Vatikan bahwa keputusan itu akan sangat memecah belah.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri AS Ned Price mengatakan bahwa Blinken dalam pembicaraannya dengan Parolin dan Gallagher membahas berbagai topik, termasuk “hak asasi manusia dan kebebasan beragama di China.”

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button