Internasional

Prabowo Yakin Konflik Laut China Selatan Bisa Diselesaikan Secara Baik

Dikatakan, hubungan ASEAN dan China memainkan peran penting di kawasan. Oleh karena itu, ASEAN dan China harus terus dapat menjaga dan meningkatkan kerjasama untuk keamanan dan kemakmuran masyarakat di kawasan.

Menurut Menhan Prabowo, dialog dan konsultasi dengan kepercayaan dan keyakinan bersama dapat menyelesaikan semua masalah di kawasan termasuk permasalahan Laut China Selatan. ASEAN dan China diharapkan segera melanjutkan pembahasan Code of the Conduct (CoC) yang efektif dan substantif.

Indonesia juga mendorong semua untuk mematuhi Declaration of Conduct (DoC) termasuk menahan diri. Dengan demikian, Laut China Selatan yang dikelola dengan baik akan memperkuat kemitraan bersama yang setara, saling menguntungkan, dan sangat diperlukan untuk perdamaian dan stabilitas global.

Sementara itu, terkait ASEAN Outlook on the Indo-Pacific (AOIP), Indonesia mengapresiasi China yang telah mendukung dokumen yang telah disepakati para Pemimpin ASEAN. Sifat AOIP adalah inklusif dan terbuka untuk mendapat dukungan dari semua Mitra Dialog ASEAN, termasuk China.

Turut hadir mendampingi Menhan RI dalam pertemuan virtual tersebut, Sekjen Kemhan Marsdya TNI Donny Ermawan dan beberapa pejabat terkait dari Kemhan dan TNI. (wib)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button